Senin, 24 Maret 2008

BARATISASI NAMA

Nama adalah amanat, begitu orang-orang tua bilang. Bagi orang jawa khususnya, biasanya mereka memilih nama anaknya untuk memperingati sesuatu, terkadang berkaitan dengan waktu, tempat dan peristiwa. Seperti pengalaman yang saya alami ketika melakukan assesment di sebuah desa korban bencana banjir pada awal februari lalu. Ketika itu saya melakukan pencarian data di sebuah sekolah dasar, tujuan saya adalah membagikan buku dan peralatan belajar yang lain bagi siswa disekolah tersebut. Untuk memperhangat suasana saya berkenalan dengan siswa-siswa disana. alangkah terkejutnya saya ketika berkenalan dengan salah satu dari mereka. Pasalnya meskipun orang desa yang masih ditemukan banyak orang buta huruf disana, bocah perempuan ini begitu spesial bagiku lantaran namanya mencerminkan sebuah nama yang sering di temui di kota-kota besar. “siapa namanya dik?’ begitu saya bertanya padanya. “keren (baca caren)” jawab bocah itu lugu. Kemudian saya menyerahkan buku dan alat tulis kepadanya seperti yang saya kulakukan pada teman-temannya yang lain Nama keren begitu membuat penasaran saya dan berfikir bagaimana bisa anak di desa ini begitu ngotani.

Di lain kesempatan saya bertemu dengan salah satu warga dan berbincang-bincang dengannya. Dalam pertengahan perbincangan tersebut saya melihat keren berjalan menuju rumah tempat saya ngobrol. “lho niku putrane mbah” tanya saya kepada nenek yang saya ajak ngobrol tersebut. “ sinten? Oh keren. (baca biasa pake lugath jawa)” jawab nenek tersebut. “lho sanes caren tho?” ucapku penuh curiga. “lah nggeh mboten, niku namine keren putu kulo, dipun asmane keren amargi keren punika putra ragil” jelas nenek yang sudah memutih rambutnya itu. “oh jadi nama asli keren dan orang menyebutnya caren, ternyata orang-orang sini masih mencerminkan kedesaannya” batinku, dan terus melanjutkan obrolan kami.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hai met kenal! Blognya bagus!
Ssst....CARI DUIT DI INTERNET YUUK!!
Pingin ngeklik dapat duit??
Silahkan
klik di sini!

CAKWIE mengatakan...

salam kenal juga,. terimakasih, blog anda juga bagus aku sudah buka,