Senin, 28 April 2008

ADAT KORUPSI di INDONESIA

Sejak SD saya diberitahu oleh guru saya bahwa Indonesia adalah negera agrocultur. Waktu itu saya masih kesulitan untuk mengartikan kata yang sangat asing bagiku tersebut. Dan saya kira anak-anak seusia saya juga kesulitan memahami arti kata tersebut. Belakangan saya memahami bahwa masyarakat agrocultur adalah masyarakat yang berkebudayaan pada pertanian. Tidak heran jika indonesia di juluki seperti itu karena sumber daya alam yang sangat melimpah. Hektaran sawah, ladang, tegalan dan hutan membentang dari sabang sampai merauke. Sumber daya alam yang melimpah membuat penjajah rela melakukan perjalanan ribuan kilo hanya untuk mengeksploitasi negeri kita ini.

Sejak tahun 1945 tepatnya 17 Agustus Indonesia mengakhiri masa penjajahan dengan pembacaan teks proklamasi oleh sang proklamator. Ini berarati sudah 62 tahun lebih indonesia merdeka. Tapi bagiku sangat aneh, dengan begitu banyaknya sumberdaya alam seperti itu di tahun yang ke enam puluh dua ini kita masih dililit hutang triliunan rupiah. Bagaimana bisa? Ini tidak masuk akal bagi setiap ekonom manapun. Lalu kemana sawah, tegal, dan hutan yang ada selama ini. Aneh juga bahwa rakyat indonesia yang dibawah garis kemiskinan masih membludak tak terhitung.

Orang bilang ini karena dana negara banyak yang mengkorupsinya. Entah itu pejabat pemerintah atau siapa yang dimaksud saya tidak tahu. Masalahnya, di desa saya ada orang yang notabenenya tidak pejabat juga dituduh korupsi lantaran menggunakan uang pengajian ibu-ibu untuk kepentingan pribadinya. Orang itu dilaporkan kepolisi setempat dengan tuduhan korupsi. Tak lama kemudian polisi datang kerumahnya dengan membawa surat penangkapan. Wal hasil orang tersebut di penjara lantaran terbukti melakukan korupsi uang pengajian ibu-ibu di sana. Ini adalah cerita orang bawahan yang terjerat kasus korupsi yang akhirnya di hukum penjara.

Lalu bagaimana jika itu terjadi pada kaum atasan (pejabat pemerintah). Sejak tahun 1998, banyak kasus-kasus korupsi yang dipublikasikan dan menjadi makanan para penikmat media massa. Si anu menuduh di dia korupsi, begitu juga si dia menuduh di anu korupsi. Mereka saling tuding menganggap dirinya yang suci. Meskipun banyak kasus korupsi yang dipamerkan kemasyarakat tetapi tetap saja berakhir dengan penutupan kasus oleh para aparat. Sebagai rakyat kecil saya merasa bingung dengan situasi seperti ini. Jangan-jangan aparatnya juga terkena virus korupsi. Kalau benar-benar terjadi seperti itu maka tidak bisa saya bayangkan bagaimana indonesia akan terlepas dari jeratan korupsi. Padahal peringkat negara Indonesia dalam korupsi telah mencapai rangking tiga. Jangan-jangan pemerintah berniat mempertahankan peringkat tersebut.

Menanggapi situasi seperti itu rakyat kecil dengan dibantu oleh wakil dewan yang telah dipilihnya mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk tim pemberantas korupsi. Maka muncullah KPK (komite pemberantas korupsi) yang bertugas membasmi korupsi sampai akar-akarnya. Terakhir tim ini menemukan sinyal adanya dana BLBI yang dikorupsi. Saya masih bingung dengan kasus BLBI ini apa maksudnya? BLBI itu apa?. Dengan malu saya bertanya dengan bapak saya tentang kasus BLBI tersebut. Beliau menjelaskan kepada saya dengan gambaran yang mengerikan. Dimulai dari penjelasan setiap uang yang dikeluarkan oleh bank indonesia itu di jamin dengan emas seharga uang yang dikeluarkan tersebut. Emas tersebut di simpan oleh bank indonesia. Kemudian beliau memberi pertanyaan pada saya, bagaimana jika emas itu hilang? Bagaimana nilai mata uang negara kita?. Bagaimana dengan nasib perekonomian kita?. Saya hanya berdiam dan terkejut dengan kenyataan yang bapak saya lontarkan. Kemudian saya menjawab bahwa perekonomian kita akan terpuruk karena mata uang kita tidak ada artinya. Bapak hanya diam, seolah-olah membiarkan saya untuk berpikir lebih jauh dan menerima kenyataan tentang bangsa kita ini. Dari pergulatan hidup yang saya alami saya menyimpulkan bahwa jangan-jangan bangsa kita telah berubah julukan, dari agrocultur menjadi masyarakat korupcultur atau masyarakat yang berkebudayaan korupsi. Masalahnya sudah terbukti hampir semua masyarakat indonesia sangat dekat dengan korupsi kecuali mereka yang tidak mempunyai kesempatan untuk korupsi dan berhati bersih.

Tidak ada komentar: